Rangkaian Berurutan

Laboratorium Sistem Pengendali Dasar SMK Dinamika Tegal

Rangkaian Berurutan


Pada tutorial yang lalu telah dijelaskan tentang rangkaian pengendali relay yang paling dasar, yaitu rangkaian pengunci relay. Sedikit pengembangan dari rangkaian rangkaian pengunci ini misalnya dengan konsep "Suatu rangkaian bisa diaktifkan jika rangkaian lain sudah aktif". Konsep rangkaian ini disebut dengan "Rangkaian Berurutan". Ok, kita lihat dulu pembahasannya.

Rangkaian pengunci dasar kemudian kita sempurnakan dulu menjadi fungsi "Pengendali ON_OFF"
.

Penyempurnaan dari rangkaian pengunci untuk menjadi pengendali On-Off adalah dengan menambahkan button NC secara serie pada rangkaian. Fungsinya adalah untuk memutus aliran tegangan listrik ke kumparan / coil sehingga berhentilah proses pemagnetan.

Perhatikan dua rangkaian relay A dan B berikut ini:


Apakah kedua rangkaian relay A dan B saling mempengaruhi? Dalam artian hidup-matinya relay A berpengaruh pada hidup-matinya relay B? Jawabnya adalah tidak. Mengapa? Karena kedua rangkaian tersebut merupakan rangkaian sejajar. Paralel. Mereka adalah rangkaian yang sama dan mengambil fasa (+24V) dan 0V yang sama.

Perhatikan pula rangkaian berikut ini:

Pada rangkaian di atas, relay B hanya bisa diaktifkan jika relay A sudah diaktifkan. Mengapa? karena fasa B tersedia setelah contact bantu NO dari relay A menutup. Demikian pula jika relay A dimatikan maka relay B akan ikut mati. Karena relay B kehilangan fasanya.

Bagaimana pula dengan rangkaian berikut?:
Relay A hanya bisa diaktifkan jika relay B sudah diaktifkan. Karena fasa A tersedia setelah contact bantu NO dari relay B menutup. Demikian pula jika relay B dimatikan maka relay A akan ikut mati. Karena relay A kehilangan fasanya.

Bagaimana pula dengan rangkaian berikut?:

 Pada rangkaian di atas, relay B hanya bisa diaktifkan jika relay A sudah diaktifkan. Karena fasa B tersedia setelah contact bantu NO dari relay A menutup. Namun demikian,  relay A tidak bisa dimatikan sebelum relay B dimatikan. Karena contact NO relay B mengunci tombol Off 2 / tombol Off untuk relay A. Jika tombol Off 2 ditekan / dibuka maka aliran tegangan masih bisa melalui contact bantu NO relay B yang sedang tertutup.

Pengembangan berikutnya adalah pada konsep rangkaian yang saling mengunci / interlock.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

interlock

Rangkaian Pengunci Relay