Pushbutton

Laboratorium Sistem Pengendali Dasar SMK Dinamika Tegal


Biasa juga disebut sebagai button, artinya tombol tekan. Perbedaannya dengan saklar adalah button memiliki aksi kembali ketika ditekan karena adanya tekanan balik dari pegas di dalamnya, tetapi pada saklar tidak. Bahasa Tegalnya button kalau dipejet mentul-mentul, tetapi jika saklar dipejet mblesek.

Button pun terbagi menjadi dua jenis contact seperti halnya contact relay, yaitu dengan tipe NO dan tipe NC. Kombinasi dari ke dua tipe tersebut adalah tipe NO/NC, yaitu button yang memiliki kedua jenis tipe contact ini sekaligus. Bentuk dan tipe contact-nya bisa dilihat pada gambar berikut: 


Button di atas (dengan warna merah) biasanya digunakan untuk mematikan kerja rangkaian karena itu memiliki tipe contact NC. Namun tidak jarang dia memiliki tipe kombinasi yaitu NO/NC ataupun double NO/NC, tergantung kebutuhannya. 

Adapun status contact-nya seperti dijelaskan pada gambar berikut:





NC / Normaly Clossed: Dalam keadaan awal / normal menutup. 
NO / Normaly Open: Dalam keadaan awal /normal membuka

Aksi kepada button atau tombol adalah dengan cara ditekan. Jika tombol NC ditekan maka status contact-nya akan membuka. Dan jika tombol NO ditelan maka status contact-nya akan menutup.

Button dan relay tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus saling sinergy dalam sebuah kerja sama yg disebut rangkaian relay.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

interlock

Rangkaian Pengunci Relay

Rangkaian Berurutan